Budidaya Tanaman Hias Milik Pak Solihin Desa karang Tengah Menyejukan Mata

Budidaya Tanaman Hias Milik Pak Solihin Desa karang Tengah Menyejukan Mata

Umkm tanaman hias Indah Lestari merupakan usaha mandiri milik Bapak Solihin yang berlokasi di Desa Karangtengah, Kecamatan Baturraden. Usaha ini beliau dirikan sejak tahun 1992. Indah Lestari sendiri memiliki arti harapan agar tanaman yang beliau tawarkan tetap indah dan usahanya tetap lestari.

Diawal merintis usaha, bapak solihin keliling dengan menaiki bus ke daerah kuningan, cirebon, garut, indramayu, dan bandung. Omset yang bisa diperoleh saat itu berkisar antara 500.000 hingga 1.000.000 sementara omset sekarang diakuinya sudah lebih banyak dari pada saat merintis dulu.

“Dulu saya mulai merintis dengan menjajakan dagangan secara keliling ke daerah Kuningan, Cirebon, Garut, Indramayu, dan Bandung menggunakan bus. Hingga sekarang alhamdulillah sudah punya tempat untuk jualan. Penghasilan pun dulu masih sekitar 500 ribu sampai 1 juta. Sekarang alhamdulillah sudah bisa punya truk sama mobil untuk mempermudah pengiriman.” Terang Pak Solihin.

Bapak Solihin sendiri adalah orang asli daerah Karang Tengah yang bertempat tinggal di Desa Pamijen. Beliau berencana akan membuka cabang lagi di desa tempat tinggalnya tersebut. Untuk urusan pasokan tanaman, beliau mengatakan mendapatkan stok dari daerah Karang Tengah, Ciberem, Kroya, dan Cilacap. Beliau mencari sendiri tanaman yang diinginkan oleh pelanggannya. Uniknya, walaupun pemasaran hanya menggunakan Whatsapp dan kartu nama, jumlah pelanggan beliau tak bisa dianggap remeh. Biasanya setelah kirim ke suatu daerah, Bapak Solihin sudah mendapatkan pesanan lagi dari Whatsapp.

Sekarang tanaman yang masih diminati adalah tanaman janda bolong dan aglonema, tanaman tersebut masih diminati dari pandemi hingga saat ini tetapi harganya tidak seperti dulu, untuk harga tanaman di toko bapak solihin yaitu kisaran Rp 2.000 – Rp 400.000. Tanaman termurah itu tanaman kriminil sedangkan yang paling mahal adalah gelombang cinta dan germani. Sistem jual beli di toko tanaman ini tergantung oleh musimnya. Hal ini tidak membuat harga tanaman melambung tinggi meskipun stok terbatas dan peminatnya cukup banyak.

Untuk perawatan tanaman hias, beliau membagikan beberapa pandangannya. beberapa diantaranya adalah pemupukan yang berlebihan bisa membuat beberapa tanaman hias kepanasan. Tanah yang terlalu padat juga bisa membuat akar tanaman hias tidak bisa tumbuh dengan optimal. Untuk tanaman serabut memerlukan obat khusus karena akarnya rentan terserang jamur. Untuk pestisida, tiap tanaman itu berbeda-beda konsentrasi.

“Perawatan tanaman paling susah itu ya tanaman anggrek. Misal seperti tanaman sri gading, sri belanda, dan sri melon itu mudah untuk dirawat. Tidak disiram 2-3 hari pun ngga masalah. Jadi cocok juga buat remaja-remaja yang baru mencoba merawat tanaman. Untuk pemupukan lebih baik dilakukan sebulan sekali.” Terangnya.

Untuk perawatan tanaman hias itu ada itu setiap 2 hari sekali mengikuti lingkungan dan para pekerja, untuk seminggunya skala penyiraman itu 2-3 kali penyiraman di luar hujan. Untuk harga tanaman sri gading itu Rp 20.000 sudah include bersama pot.

Jumlah karyawan UMKM tanaman hias Indah Lestari berjumlah 5 karyawan. Untuk jam buka yaitu jam 08.00 hingga 16.00 dan untuk pengiriman hingga malam jam 20.00 tergantung muatan jika muatan banyak maka sampai tengah malam. Pengiriman dilakukan pada malam hari bertujuan agar tanaman hias dapat tetap segar ketika sampai di tangan konsumen dan mengurangi kerugian akibat rusaknya tanaman. UMKM tanaman hias ini juga menerima pembuatan taman, servis taman, dekorasi pelaminan, dan dekorasi taman.

Related Posts

Komentar