Pasar pinggir alas

Pasar pinggir alas

PASAR PINGGIR ALAS -WISATA KULINER DESA KARANG TENGAH BATURADEN

 

Pasar Pinggir alas desa Karangtengah Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas merupakan pasar yang menyuguhkan sensasi berwisata kuliner layaknya di zaman kerajaan. Beberapa gubug penjual di pasar pinggir alas ini beranyaman bambu beratap daun kelapa kering dan para pedagang juga menggenakan baju pakaian adat sehingga menambah suasana semakin tradisional.

Di pasar alas ini terdapat 80 lapak penjual, namun baru 65 yang baru terisi stan makanan dan 10 stan untuk souvenir. Lapak yang masih kosong ini disebabkan karena sejumlah pedagang tidak hanya berasal dari daerah Baturraden tetapi juga banyak yang berasal dari luar daerah Baturraden. 

Lokasi pasar pinggir alas berada di sebelah Caping Park Baturadden atau dijalan raya Baturadden barat, desa Karangtengah, Kecamatan Baturadden, Kabupaten Banyumas. Pasar pinggir alas mulai dibuka setelah lebaran tahun 2019. 

Pilihan makanan dan minuman di pasar alas ini cukup beragam seperti bir pletok, es badeg (air nira) ,wedang uwuh, kopi lanang dan makanan tradisionalnya seperti lopis, Cenil, Sop Kraca, Sop Keong, dll.

Ada juga musik tradisional kentongan dan calung di panggung hiburan yang disiapkan secara khusus, jadi pengunjung bisa makan sambil menikmati suguhan hiburan. Pasar pinggir alas ini buka setiap hari sabtu dan minggu mulai pukul 06.00 hingga 17.00.

 

 

 

 

 

 

Related Posts

Komentar